Feeds:
Pos
Komentar

Ubah Dunia Dalam 1 Jam

Earth Hour : Ubah Dunia Dalam 1 Jam, matikan lampu Sabtu, 27 Maret 2010. Pukul 20.30 – 21.30

Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang dicetuskan oleh WWF (World Wildlife Fund) untuk mematikan lampu dan peralatan listrik selama 60 menit (satu jam) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan atas perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan pertama kali oleh WWF dan The Sydney Morning Herald pada tahun 2007 yang diikuti oleh 2,2 juta penduduk Sydney. Gerakan 60 Earth Hour dilaksanakan setiap Sabtu terakhir bulan Maret.

—– Beberapa fakta tentang manfaat “Earth Hour” di Indonesia —–

Konsumsi energi Listrik di Indonesia terfokus di Jawa – Bali atau sebesar 78% dari total keseluruhan konsumsi listrik nasional, karena 68% konsumennya berada di pulau Jawa-Bali. Bagian Indonesia yang lain mendapatkan porsi yang lebih kecil.

Konsumsi energi Listrik paling besar di sektor Rumah tangga, yakni sebesar 33%

Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh

Hemat konsumsi listrik 300 Mwh sama dengan mematikan 1 pembangkit listrik

Hemat konsumsi listrik 300 Mwh sama dengan Menghemat 267,3 ton CO2

Hemat konsumsi listrik 300 Mwh = Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya)

Hemat konsumsi listrik 300 Mwh= Persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya)

Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat hingga Rp 216.600.000,-w.

Forward mess from : raplingindonesia

InTips (2)

Niihhh lanjutan dari InTips (1)…..Kalo sebagian besar orang2 menyukai buah2an apalagi kalo buah itu menjadi buah kesukaan, bisa jadi setiap hari makan itu buah. Nah posting kali ini InTips yuuuukkk beberapa khasiat ato manfaat buah yang kita makan, diantaranya :

1. Pisang
Buah tropis ini mengandung asam folat yang sangat tinggi. Kelembutan daging buahnya memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara teratur. Pada kulit wajah berjerawat, jika dioleskan secara teratur akan membantu menguranginya.

Cara mengolahnya sangat sederhana, yaitu pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, kemudian oleskan secara merata ke wajah. Diamkan selama 30-40 menit. Selanjutnya, basuhlah wajah dengan air hangat hingga bersih dan bilas dengan air dingin.

Jika Anda melakukan perawatan ini rutin setiap hari, maka selama dua pekan hasilnya akan terlihat. Jerawat membandel berkurang, wajah pun semakin cerah dan bersih. Untuk perawatan rambut, jadikan pisang sebagai conditioner. Caranya, oleskan pisang yang sudah dihaluskan ke rambut secara merata.

2. Alpukat
Untuk perawatan wajah, alpukat dimanfaatkan sebagai masker. Alpukat bisa ditambahkan bahan alami lainnya yang sesuai dengan jenis kulit. Caranya, haluskan alpukat dan balurkan secara merata pada wajah maupun kulit tangan yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Alpukat bisa juga Anda manfaatkan untuk merawat rambut sebagai conditioner.

3. APEL
Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam oksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia ang kuat tapi aman “melepaskan” kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

4. BELEWAH
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

5. KURMA
Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan energi tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

6. PEPAYA DAN MANGGA
Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

7. NANAS
Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Masakan yang dibuat dengan 250 gram nanas yang diiris-iris, 60 gram cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.

8. DELIMA:
Di Irak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memakan dengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan. Manfaat lainnya, kandungan zat tanin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.

Taken from : budiboga

Naahhh itu untuk beberapa InTips (2)…ketemu di InTips berikutnya yaaaa….

Impian Seorang Gadis Kecil

Seorang gadis kecil berumur sekitar 5 tahun,berkulit kuning langsat, berambut sebahu dengan 2 kuncir di kepalanya, berbaju merah berhias gambar boneka dan di tangannya membawa boneka panda hadiah ulang tahunnya dari kakek neneknya. Ia berjalan menuju rumah kakeknya sambil menangis. Sesampainya dirumah kakek,dia duduk di teras rumah masih menangis tersisak sambil memeluk boneka panda miliknya. Dari dalam rumah terdengar suara tangisan anak kecil kemudian ada seorang kakek keluar dari rumah itu.

“ Lhoh kamu to nduk, ada apa kenapa nangis??” Tanya kakek itu pada cucunya

“ Dimarahin sama bu’e kung”, jawab cucu itu kepada kakung sebutan untuk kakeknya

“Hhhmmm….pasti kamu nakal ya sampe ibumu marahin kamu. Yowis sekarang jangan nangis lagi, ayo masuk ke dalam dulu”, ajak kakeknya

“Aku ga nakal kung, tadi aku ga sengaja nyenggol piring di meja makan,piring itu jatuh terus pecah. Diluar aja kung pengen liat bintang” jawabnya

“Yowes nek pengen no njobo,kakung temeni yo.Mungkin ibumu lagi kesel atine, yo terus nek ibumu nesu  koe yo ojo dadi atimu, ibumu ki sayang ro koe” tambah kakek dengan logat jawanya

“sayang kok marah kung, nek sayang tuh dicium, ditumbaske es krim karo coklat” balas si cucu

“Wwoolllaa duwe putu siji dikandani kok malah ngenyel” ujar kakeknya dengan nada gemes sambil ngacak-acak kuncir cucunya

Suara isak tangis terdengar pelan dan suasan malam itu menjadi hening dan tiba-tiba si cucu nyletuk pertanyaan penghilang suasana hening

“Kung, semua temenku punya kakak cuma aku yang ga punya, kenapa kung???” tanya si cucu

“kamu pengen punya mbak karo mas???” ujar kakek kepada cucunya

Dengan anggukan kepala si cucu itu berarti mengiyakan kalo dirinya ingin kehadiran seorang kakak.

“iya kung, punya kakak keliatan asyik, enak. Kalo ada yang njahilin kan ada yang belain ada yang nglindungi, dirumah ada teman cerita, kalo ada kerjaan rumah ada yang bantuin,bisa maen bareng, kalo aku salah ada yang nasehatin kung,kalo dimarahin orang rumah ada yang belain kung. Semua temenku kalo lagi dijailin terus dilindungi sama kakak-kakak mereka” kata si cucu dengan nada yang sedih.

“nduk cah ayu, kamu itu dilahirkan jadi anak mbarep anak pertama jadi ga mungkin punya kakak. kamu ga punya kakak pun kalo dijahilin ada yang belain ada yang nglindungi, dirumahmu ada temen cerita, bisa maen bareng, ada yang nasehati kamu, dia itu ibumu. Selain sebagai ibu,ibumu itu juga kakakmu juga temen kamu” jelas si kakek

“bedalah kung, ibu dianggep kakak sama punya kakak sendiri”, tambah si cucu

Kemudian kakung mengangkat cucunya dipangkuannya dan dinasehati penuh dengan kasih sayang

“ngene-ngene cah ayu, besok kalo kamu sudah gede sudah dewasa,kamu bakal punya kakak punya mas”, hibur kakek untuk cucu tersayangnya

“yang bener kung, aku bakal punya mas kalo udah gede???” ucapnya girang lesung pipi menghiasi wajahnya tapi kemudian kegirangan itu meredup

“tapi kung, lama banget aku punya kakaknya. Masak nunggu aku gede dulu, kenapa ga sekarang aja, aku butuhnya sekarang” rengek si cucu

“oalah nduk cah ayu, sabar sek yo ngenteni koe gede koe dewoso, besok kalo sudah waktunya kamu bakal punya kakak. Percoyo karo kakung.

Tangisnya pun sudah berhenti tapi si cucu hanya terdiam sambil memainkan bonekanya mendengar nasehat kakungnya karena belum mengerti apa yang kakung ucapkan padanya.

“yowes, sekarang masuk rumah dulu yo….ngobrol di dalam diluar dingin” ajak kakek kepada cucunya.

Kemudian si cucu digendong kakungnya masuk ke dalam rumah

To be continued….

Jelajah Kota Demak dan Jepara

huhuhuhuhu…waktunya posting jelajah wisata beberapa waktu yang lalu….

Lokasi pertama di Pantai Morosari

Pantai ini terletak di desa Sayung perbatasan kota Semarang-Demak dan daerah penduduk sekitar pantai itu daerah pertambakan (ada udang,bandeng, ya pokoknya ikan2an lah).Sayang pas kesana bukan musim panen jadi ya cuma liat tambak2nya doang. Oh ya ternyata pantai morosari itu pantai buatan karena sekitarnya daerah tambak…luas juga pantainya…-sayang tak ngukur wkwkkwkwkkw-

Lokasi Kedua di Masjid Agung Demak

Masjid yang terletak di Kabupaten Demak depan masjid ada lapangan luas yang dinamakan Alun-Alun Kota Demak dan tentunya sudah pada tau kan sejarahnya.

Lokasi ketiga di Pantai Tirto Samudro Bandengan

Pantai ini namanya Pantai Tirto Samudro atau Pantai Bandengan. Sempat berpikir kalo ini pantai ada bandengnya banyak, eh ternyata ga ada oowweeeyyyyy…..bandengan itu daerahnya. Pantai Bandengan terletak di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di pesisir pantai utara (pantura) Jawa ini merupakan tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Setiap musim liburan, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera yang merupakan obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Disana juga ada berbagai macam permainan air, ada banana boat, perahu2an dll.

Lokasi keempat di Pantai Kartini

Sebagian besar orang mengenal Kota Jepara sebagai Kota Kartini, karena seorang pahlawan wanita telah dilahirkan dikota ini. Selain menyandang gelar Kota Kartini, sebutan kota ukir juga sangat pas, karena sentra-sentra ukir banyak sekali tersebar diwilayah ini. Sisi lain yang belum tereksploitasi adalah sisi wisata kota Jepara, karena sebelah utara wilayah ini langsung berbatasan dengan pantai utara jawa, sehingga wisata pantai menjadi salah satu primadona. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Kartini, yang terletak kurang lebih hanya 2 km sebelah barat kantor Pemda Kabupaten Jepara.Salah satu pantai yang cukup terkenal di kota Jepara dan terkenal dengan patung penyu yang guueeddee banget juga di tengah pantai ini ada Pulau yang dinamakan Pulau Panjang. Perjalanan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang menggunakan perahu yang kurang lebih 1 jam perjalanan dan ternyata di Pantai Kartini ini sebagai dermaga kapal yang mau berlayar ke Pulau Karimun Jawa (kapan bisa kesana) yang perjalanannya kurang lebih 4 jam dengan perahu kecil.

Jelajah Penati

Begitu penat terasa sekali, banyak tekanan yang harus diterima dari sisi kanan kiri atas bawah membuat diri ini dilanda stress dan penat serasa sumpek sekali dunia ini. Tak ada solusi laen yang bisa mengeluarkan aku dari tekanan-tekanan ini, hanya bisa pasrah dengan keadaan ketika semua solusi dicoba tapi tak ada perubahan, hanya berdoa semoga tak masuk rumah sakit ajah walaupun keadaan yang sudah tidak memungkinkan (sakit sekali dari ujung kaki hingga kepala, luar dalam). Beberapa waktu yang lalu mencoba menyenangkan diri sendiri karena tidak ada solusi yang membantu jadi aku putuskan untuk pergi sejenak ke kota Semarang berjelajah wisata disana sepuas hati walapun yang akhirnya kembali kerumah dan pekerjaan dengan keadaan yang sama. Pengen menjerit sekencang-kencangnya tapi nanti dikira orang sakit jiwa, ya tak taulah….
Berjelajah ke kota Semarang sendirian dan kemudian ke Demak numpang berteduh di rumah nenk ceryl yang baek hati hingga pagi hari kemudian pergi ke Pantai Morosari yang ternyata samping kana kirinya adalah daerah pertambakan termasuk desa nenk ceryl. Siangnya diajaklah jalan-jalan ke Jepara bumi kartini kota ukiran, ke Pantai Tirto Samudro Bandengan kemudian terkahir tujuan ke Pantai Kartini. Sebenarnya masih pengen berlama-lama disana karena penat belum ilang juga (jane obate opo to ya) tapi karena ga mau kluarga cemas (pergi ga pamit) akhirnya setelah dari Pantai Kartini prepare pulang. Alamak setibanya dirumah kena sidang sama bonyok, ya memang seh salahku pergi ga bilang-bilang karena sudah saking stressnya yang ga bisa nahan jadi seperti itulah. Kalo cerita malah kena omel bukan solusi yang didapet, akhirnya cuma bisa dipendem dalam-dalam sampe mbesesek sekalian….
Ya tak taulah….mo nulis apalagi saking penat serta streesingnya yang mungkin sudah akut pada stadium 4..ya semoga ada yang ngasih solusi

Dewasa vs Childish

Sedikit berpaling dari kerjaan yang lumayan menumpuk di kepala yang menekan sewaktu-waktu dan mulai menutup laman-laman kerjaan dari layar monitor satu persatu-satu beralih ke mozila firefox ketik laman wordpress login akun dan akhirnya mulai bercelotelah disini.

Pembicaraa dengan banyak orang yang mempunyai karakter yang berbeda-beda masih terekam jelas di memory kepala ini dan lebih baik saya tumpahkan disini daripada mubazir ga ditulis. Obrolan yang menarik dan bisa timbul perdebatan akan hal ini, obrolannya seperti judul diatas DEWASA vs CHILDISH yang disini lebih mengarah pada pribadi. Ya dari obrolan yang panjang lebar hingga perdebatan, disini saya berbagi secara ringkas saja.

Jadi begini ada orang dewasa (dalam artian umur) tapi masih mempunyai pribadi kanak-kanak ato childish, padahal orang-orang disekitarnya berharap (tuntutan) dewasa dewasa dan dewasa, mandiri mandiri dan mandiri (dalam artian pribadi). It’s OK itu sebuah harapan ato lebih tepatnya permintaan (yang bisa diliat dari faktor umur). Kalo saya kurang begitu setuju ya, karena walopun dewasa (dalam artian umur) pasti memiliki pribadi like childish ya ada kekanak-kanakan terus manja walopun hanya berapa persen dari pribadi dewasanya pasti ada. Begitu pula dengan anak-anak (dalam artian umur), yang memiliki pribadi childish tapi jangan salah seorang childish juga punya pribadi dewasa walopun hanya berapa persen saja. Seolah-olah banyak orang memandang sebelah mata hal itu, tolonglah buka mata lihat sisi positifnya jangan asal memandang sebelah mata saja.

Ya menurut saya kedewasaan itu tidak ditentukan oleh umur. Tidak selamanya dewasa itu dewasa, tidak selamanya kekanak-kanakan itu anak-anak. Orang dewasa memiliki pribadi childish walopun hanya berapa persen dari pribadi dewasanya itu hal yang wajar karena merasa ingin diperhatikan, dimanja, membutuhkan…kalo dewasa dituntut mandiri bisa saja merasa ga butuh bantuan sama sekali, pertolongan ya pokoknya merasa tidak membutuhkan siapa-siapa karena sudah mandiri semua bisa sendiri, padahal kita tetep membutuhkan orang disekitar kita. Kekanak-kanakan tidak selamanya anak-anak, karena anak-anak sekalipun pasti punya pribadi dewasa ya walopun berapa persen dari pribadinya yang childish. Pribadi dewasa itu akan datang sendirinya pada setiap pribadi seiring waktu berjalan dan semua itu butuh proses karena tidak bisa instant seperti masak mie instant.Tidak perlu dipaksa untuk dewasa karena bisa berpikir sendiri kapan harus bersikap dewasa. Tidak ada manusia yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik NYA. Tetap bersyukur atas apa sudah diberikan olehNYA.

Bukan Duniaku!!!!!

Sungguh malam yang terasa aneh buatku di taon kemaren dan bulan kemaren gara-gara diajak jalan-jalan sama temen-temen yang memaksa aku tau dunia mereka dan itu bukan duniaku…sama sekali bukan. Mungkin maksud temen-temen baek daripada aku bengong dirumah eh diajaklah jalan-jalan sekalian perpisahan temen kerja yang resign. Jujur baru pertama kali kaki ini menginjakkan tempat dimana tempat itu favorit temen-temen but not my favorite – yo biar nek dibilang katrok😀 -. Tempat itu tempat karaoke keluarga di daerah jogja, yuupsss Happy Puppy….

Wuuuuiiihhh pengen menjerit, pengen nangis rasanya kalo tau mau pergi kesana karena alasan yang sangat jelas sekali not my world!!!!! Kupikir acaranya makan-makan bareng terus pulang eh ya ampyyuunn ternyata ke tempat karaoke keluarga, ya mau ga mau karena sudah terlanjur sampe tujuan ya ngikut yang punya acara -terjebak mode on-. Sungguh tempat yang sangat asing buatku, serasa para waitress itu para hantu buatku T_T. Pesan tempat kemudian meluncur ke ruang karaoke yang sangat membuatku bising, ya kalo boleh jujur sama sekali tak merasa nyaman sekali. Melihat temen-temen yang begitu riangnya menyanyi sambil jingkrak-jingkrak membuat kepala ini geleng-geleng sendiri -mang apa enaknya seh???wong dirumah we yo iso kenapa harus sampe sini-. Hhhhhmmmm disana cuma nungguin orang nyanyi yang suaranya waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa telinga lumayan berdenging, yang lebih gilanya lagi 2 jam boooo nungguin orang bernyanyi ckcckckkckckck….Pulang-pulang dalam keadaan yang lumayan pusing karena suara bising seperti gendang telinga yang hampir pecah….Mungkin cukup sekali itu saja pergi kesana -kapok mode on-